Kamis, 30 Januari 2014

Tujuan Pendidikan



Pendidikan Nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Pendidikan Nasional juga harus mampu untuk menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air, mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan social. Sejalan dengan itu, dikembangkan iklim belajar mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya pada diri sendiri serta sikap dan perilaku yang inovatif dan kreatif.

Dengan demikian Pendidikan Nasional akan mampu mewujudkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa. Sebagai usaha mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional diatas, berbagai kegiatan telah dilakukan, antara lain :

1.        Memantapkan Pelaksanaan KTSP
2.        Peningkatan jumlah sarana dan prasarana pendidikan.
3.        Peningkatan jumlah, jenis, dan mutu tenaga pendidik .
4.        Peningkatan jenis mutu sarana dan prasarana pendidikan
5.        Pengakomodasian dan implementasi sebagai kegiatan ekstra kurikuler.

Dalam rangka mewujudkan tujuan nasional dimaksud, maka kegiatan-kegiatan tersebut diatas harus ditunjang oleh pelayanan administrasi sekolah yang teratur, terarah, dan terencana. Pelayanan administrasi sekoalh yang baik akan menunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar yang baik pula. Proses belajarar mengajar yang baik akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa seperti yang diharapkan oleh tujuan Pendidikan nasional.

Pelayanan administrasi sekolah yang baik harus mengikuti ketentuan yang telah dikeluarkan oleh instansi atau unit yang relevan dilingkungan Kementerian Pendidikan Nasional. Agar semua sekolah dapat menyelenggarakan pendidikan disekolah sesuai dengan ketentuan dan peraturan administrasi sekolah yang berlaku, perlu disusun pedoman administrasi khusus untuk sekolah yang memuat penjelasan mengenai cara pengelolaan administrasi terhadap komponen-komponen pendidikan disekolah untuk semua tingkat jenis jenjang pendidikan.

Pedoman tersebut diperlukan selain memantapkan pelaksanaan didalam supervisi dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan disekolah. Pelaksanaan tekhnis edukatif yang ditunjang oleh pengelolaan administrasi yang efektid dan efisien akan meningkatkan mutu hasil belajar siswa. 


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar