Pendidikan Nasional bertujuan untuk
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya,
yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan berbudi pekerti
yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan
rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pendidikan Nasional
juga harus mampu untuk menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air,
mempertebal semangat kebangsaan dan rasa kesetiakawanan social. Sejalan dengan
itu, dikembangkan iklim belajar mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya
pada diri sendiri serta sikap dan perilaku yang inovatif dan kreatif.
Dengan demikian Pendidikan Nasional akan
mampu mewujudkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya
sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa. Sebagai
usaha mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional diatas, berbagai kegiatan telah
dilakukan, antara lain :
1.
Memantapkan Pelaksanaan
KTSP
2.
Peningkatan jumlah sarana
dan prasarana pendidikan.
3.
Peningkatan jumlah,
jenis, dan mutu tenaga pendidik .
4.
Peningkatan jenis mutu
sarana dan prasarana pendidikan
5.
Pengakomodasian dan
implementasi sebagai kegiatan ekstra kurikuler.
Dalam rangka mewujudkan tujuan nasional
dimaksud, maka kegiatan-kegiatan tersebut diatas harus ditunjang oleh pelayanan
administrasi sekolah yang teratur, terarah, dan terencana. Pelayanan administrasi
sekoalh yang baik akan menunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar yang
baik pula. Proses belajarar mengajar yang baik akan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa seperti yang diharapkan oleh tujuan Pendidikan nasional.
Pelayanan
administrasi sekolah yang baik harus mengikuti ketentuan yang telah dikeluarkan
oleh instansi atau unit yang relevan dilingkungan Kementerian Pendidikan
Nasional. Agar semua sekolah dapat menyelenggarakan pendidikan disekolah sesuai
dengan ketentuan dan peraturan administrasi sekolah yang berlaku, perlu disusun
pedoman administrasi khusus untuk sekolah yang memuat penjelasan mengenai cara
pengelolaan administrasi terhadap komponen-komponen pendidikan disekolah untuk
semua tingkat jenis jenjang pendidikan.
Pedoman
tersebut diperlukan selain memantapkan pelaksanaan didalam supervisi dan
evaluasi penyelenggaraan pendidikan disekolah. Pelaksanaan tekhnis edukatif
yang ditunjang oleh pengelolaan administrasi yang efektid dan efisien akan
meningkatkan mutu hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar